Manfaat propolis untuk kesehatan


Manfaat propolis untuk kesehatan
1. Mengobati luka

Manfaat propolis untuk mengobati luka datang dari senyawa khusus di dalam propolis yang disebut pinocembrin, sebuah kandungan yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-mikroba. Zat ini berperan penting dalam mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian menemukan bahwa propolis dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar dengan mempercepat pertumbuhan sel-sel baru.

Penelitian lain juga memperlihatkan bahwa ekstrak alkohol dari propolis yang dioleskan di atas luka lebih efektif mengurangi sel mast, sel yang merangsang respon inflamasi dan memperlambat penyembuhan luka.
2. Meringankan nyeri

Salep yang mengandung 3 persen propolis dapat mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi lenting dan nyeri akibat herpes genital. Sebuah studi memperlihatkan bahwa propolis yang dioleskan tiga kali dalam sehari dapat meredakan nyeri lenting. Peneliti juga menemukan bahwa krim propolis tidak hanya mengurangi jumlah virus herpes dalam tubuh, namun juga dapat mencegah munculnya lenting kembali.
3. Anti-kanker

Manfaat propolis sebagai obat kanker sudah beberapa kali diteliti. Menurut salah satu studi, terdapat beberapa efek anti-kanker yang terdapat dalam propolis seperti:

    Mencegah sel-sel kanker untuk bertambah banyak
    Mengurangi kemungkinan sebuah sel menjadi sel kanker
    Menghambat jalur komunikasi antar sel kanker

Penelitian tersebut juga menyarankan untuk menjadikan propolis sebagai terapi tambahan (namun tidak sebagai terapi utama) untuk kanker. Penelitian lain menunjukkan bahwa propolis dapat menjadi terapi tambahan yang sangat membantu dalam mengobati kanker payudara.

Share this :
« Kembali